Catatan

Teachable

Sepele tapi sangat penting dan berdampak dalam menuntut ilmu serta bertumbuh. Adab berguru itu sangat penting.

Written by Desi Rachmawati · 1 min read >

Sepele tapi sangat penting dan berdampak dalam menuntut ilmu serta bertumbuh. Ketika saya masih SD, ada dua komik yang paling ditunggu-tunggu setiap edisinya. Dua komik itu adalah Dragon Ball dan Kungfu Boy. Di edisi-edisi awal, Chinmi sedang dilatih kungfu oleh gurunya. Cara melatihnya ini yang menarik.

  • Gurunya memberikan tugas yang sering sulit dipahami oleh Chinmi. Tugas-tugasnya antara lain
  • membelah bulan
  • membaca tulisan prasasti di dinding tebing
  • dimasukkan ke dalam gua dan harus mencari jalan keluar
  • mencelupkan tangan ke pasir yang panas
  • bermeditasi di jurang yang penuh dengan ular berbisa
  • dan masih banyak lagi.

Semua tugas itu akhirnya bisa diselesaikan oleh Chinmi. Dan Chinmi baru tahu hikmahnya itu setelah diselesaikan dengan baik. Setelah selesai Chinmi bertumbuh menjadi semakin kuat, lincah dan cerdas.

Chinmi dan monyetnya, Goku

Son Goku dan Kuririn di episode 3 dan 4 Dragon Ball juga melalui pelatihan yang tidak kalah kerasnya dengan Chinmi. Salah satu pelatihannya adalah diminta memanggul tempurung kura-kura yang beratnya terus ditambah.

Sambil memanggul tempurung kura-kura, mereka diminta mencari batu khusus di hutan belantara. Mereka juga diminta mengantarkan susu ke rumah-rumah penduduk. Kadang mereka harus melewati gurun pasir yang dihuni dinosaurus raksasa pemakan daging. Kadang diminta mendorong batu karang yang sangat besar.

Setelah berjalan beberapa bulan, Kamesenin, gurunya menyatakan bahwa latihannya sudah selesai. Lalu Goku dan Kuririn diminta melepaskan tempurung kura-kura itu. Ada sesuatu yang aneh ketika mereka melepaskannya.

Tubuhnya terasa ringan dan bahkan bisa melompat sangat tinggi. Ketika berlari juga jadi lebih cepat. Tubuhnya tambah kuat. Kisah yang hampir sama ada di para nabi. Salah satunya adalah kisah Nabi Musa as yang terkenal berguru pada Nabi Khidr as.

Bagaimana Allah SWT mengajarkan ketaatan dan ketawakalan ketika melemparkan tongkatnya. Tongkatnya kemudian berubah menjadi ular besar. Di saat dikejar oleh Firaun dan bala tentaranya, Nabi Musa as juga diperintah Allah mengetukkan tongkatnya.

Nabi Musa as tidak tahu mengapa harus mengetukkan tongkatnya. Setelah diketuk, laut menjadi terbelah. Allah turunkan pertolongan-Nya kepada Nabi Musa as. Sekaligus menenggelamkan Firaun dan pasukannya.

Kemarin di Intensive (1 year) Business Coaching Genpro 2021, Abi Darwis mengingatkan lagi tentang “teachable.” Teachable itu sepele, tetapi bagian dari adab menuntut ilmu. Walaupun sepele tetapi sangat berdampak pada pertumbuhan bisnismu.

Teachable adalah mau dan bisa diajari. Begitu banyak orang yang pintar, tetapi tidak teachable. Orang yang tidak teachable itu cenderung menuntut ilmu, tetapi masih tinggi egonya. Orangnya masih meremehkan gurunya.

Jadilah orang yang Teachable, sehingga Anda lebih menghargai orang lain, termasuk guru Anda! Walaupun hanya tugas 300 Like dengan batasan 1 hari. Ada hikmah dan ilmu yang tidak bisa diajarkan hanya dengan teori. Anda akan mendapatkannya setelah berhasil.

Written by Desi Rachmawati
Couplepreneur dan Ibu dari 4 anak Profile
suami menganggur

Lelaki lemah semangat bekerja

Desi Rachmawati in Catatan
  ·   27 sec read

Couplepreneur

Hasnil Afrizal Muttaqien in Catatan
  ·   24 sec read

Jodoh tim yang baik

Hasnil Afrizal Muttaqien in Catatan
  ·   24 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *